Digital Marketing


Digital marketing merupakan sebuah kegiatan pemasaran atau mempromosikan sebuah brand atau produk melalui media digital atau internet. Tujuan digital marketing sendiri adalah untuk menarik para konsumen dan calon konsumen secara cepat. Karena seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di kalangan masyarakat sudah sangat luas sehingga tidak heran kegiatan digital marketing dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di sosial media. 

Digital marketing memiliki berbagai jenis, yang pertama website, Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis sebuah perusahaan, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. Yang kedua ada search engine marketing, terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat. Selanjutnya ada social media marketing, Edarkan platform di media sosial  seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan. Lalu Online Advertising, Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya. Yang terakhir adalah video marketing, dengan cara ini, perusahaan dapat menjelaskan secara langsung tentang bisnisnya, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial dari pelanggannya.

Beberapa strategi digital marketing yaitu ada Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, sebuah perusahaan  perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan indografis. Strategi kedua adalah content marketing yaitu merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online. Selanjutnya sosial media marketing yaitu perusahaan mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

Meluasnya digital marketing juga membuka peluang kerja baru bagi masyarakat. Semakin banyak orang yang membuka jasa digital marketing dan semakin banyak para ahli pemasaran pula yang mengembangkan modul digital marketing, sehingga dapat bermanfaat untuk para pebisnis dalam mengembangkan strategi digital marketing yang mereka perlukan. Layaknya strategi bisnis yang lain, digital marketing juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para penggunanya. Salah satu tantangan utamanya adalah ruang lingkup dan skala digital marketing itu sendiri. Maksudnya, jika rekan pembaca berminat untuk menerapkan digital marketing, maka rekan pembaca harus memikirkan rencana dan teknik digital marketing seperti apa yang akan digunakan, menentukan jumlah kegiatan digital marketing yang akan dikelola, menentukan konten yang dinamis, menarik, terprogram, dan lain sebagainya. 

Meskipun digital marketing juga memiliki tantangan yang cukup berat, namun banyak pengusaha dan pebisnis yang sepakat bahwa digital marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis dan perusahaan mereka. Menurut website Smart Insights dot com, ada beberapa kelebihan pemasaran digital atau digital marketing yang membuatnya menjadi sangat penting untuk kita terapkan. 

Digital marketing menjadi sangat penting antara lain karerna yang pertama, digital marketing dapat memberikan arah yang pasti untuk perusahaan. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, mereka tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka tidak ada bayangan yang tepat tentang tujuan apa saja yang ingin diraih oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam perihal untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online. Tanpa digital marketing, kita tidak bisa memanfaatkan transformasi teknologi untuk bisa memberikan arah yang jelas pada pertumbuhan perusahaan. Alasan kedua digital marketing menjadi sangat penting adalah karena jika tidak memiliki digital marketing, maka competitor akan meraih perhatian pelanggan kita. Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang tidak memiliki digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai digital marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Penerapan digital marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka. Sebuah bisnis tanpa pelanggan akan menjadi bisnis yang hampa. Jadi, jangan sampai para kompetitor kita mendapatkan perhatian dari target pelanggan kita hanya karena kita tidak menggunakan digital marketing atau tidak memaksimalkan penggunaannya yang telah dibangun di awal bisnis. Alasan selanjutnya adalah karena digital marketing membantu kita dalam mengenal target pelanggan melalui online. Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis kita. Jika salah satu keyword yang kita gunakan telah berhasil membawa mereka mengunjungi situs bisnis kita, maka kita tahu hal tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan kita inginkan. 

Ada beberapa tips digital markering untuk startup. Yang pertama yaitu tetapkan tujuan, Pertama kali yang perlu Anda lakukan dalam digital marketing adalah menetapkan tujuan atau gol yang ingin diraih. Berapa banyak leads atau konversi yang ingin startup Anda raih, atau standar dari brand awareness yang ingin dicapai. Detailkan tujuan atau goal yang ingin Anda raih, serinci mungkin. Yang kedua media sosial, Media sosial adalah media yang paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan startup yang Anda miliki. Media sosial jadi medium digital marketing yang paling mudah dan terjangkau bagi para startup.

Yang selanjutnya adalah mencoba layanan berbayar, Layanan promosi berbayar adalah salah satu cara yang dapat diterapkan dalam digital marketing. Manfaatkan layanan promosi berbayar, seperti melalui FB Ads, Instagram, Twitter, Google Ads, dan lihat hasil yang akan Anda raih. Memang bukan jaminan 100% bahwa startup Anda akan sukses.Namun, cara ini akan membuat produk atau layanan Anda akan semakin dikenal luas, awareness masyarakat akan meningkat. Selanjutnya yaitu konten adalah raja, dalam digital marketing, membuat sebuah konten yang berkualitas perlu riset yang mendalam, dan kreativitas tanpa henti. Konten berkualitas adalah yang memiliki keterikatan emosional yang kuat dengan para pelanggan atau bahkan calon pelanggan.





 

Comments

Post a Comment

Popular Posts